HLOOKUP (Horizontal Lookup) adalah fungsi Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari tabel referensi yang memiliki kolom yang digunakan sebagai kunci pencarian (lookup value) di bagian atas tabel. Rumus HLOOKUP biasanya digunakan ketika kolom referensi digunakan sebagai kunci pencarian, sementara baris digunakan sebagai indeks untuk menentukan baris yang akan diambil datanya.
Rumus umum dari HLOOKUP adalah sebagai berikut:
=HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index, [range_lookup])
- lookup_value: nilai yang akan digunakan untuk pencarian di kolom pertama dari tabel referensi.
- table_array: rentang yang mencakup tabel referensi yang akan digunakan.
- row_index: indeks baris yang akan diambil datanya dari tabel referensi.
- range_lookup: opsional, menentukan apakah pencarian harus dilakukan secara eksakt atau hampir eksakt (approximate match). Nilai default adalah TRUE (hampir eksakt).
Contoh : Kita akan mencari harga produk tertentu berdasarkan kode produk dari tabel referensi di bawah ini:
Kode Produk | Nama Produk | Harga |
---|---|---|
P001 | Produk 1 | 100 |
P002 | Produk 2 | 150 |
P003 | Produk 3 | 200 |
Untuk mencari harga produk dengan kode P002, formula yang digunakan adalah: =HLOOKUP("P002",A2:C4,3,FALSE) Hasilnya 150
Jadi HLOOKUP akan menemukan kode produk P002 di kolom pertama tabel referensi, kemudian mengambil nilai dari baris ke-3 (harga) dari tabel referensi.
Komentar
Posting Komentar