Rumus Excel VLOOKUP

Rumus Excel VLOOKUP

VLOOKUP (Vertical Lookup) adalah salah satu rumus Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari tabel berdasarkan kriteria tertentu. Rumus VLOOKUP memiliki 4 argumen:

  1. Kriteria Pencarian: adalah nilai yang digunakan untuk mencari data dalam tabel.
  2. Range Data: adalah jangkauan sel yang berisi tabel data yang akan dicari.
  3. Nomor Kolom yang diambil: adalah nomor kolom yang berisi data yang akan diambil.
  4. Tanda False/True (Opsional): digunakan untuk menentukan apakah VLOOKUP harus mencari nilai yang sama dengan kriteria pencarian (True) atau tidak sama (False). Jika tidak ditentukan, default-nya adalah True.

Sintak dari rumus VLOOKUP adalah sebagai berikut:

VLOOKUP(kriteria pencarian, range data, nomor kolom yang diambil, tanda False/True)

Contoh penggunaan VLOOKUP :

=VLOOKUP(A2, B1:D5, 2, 0) kriteria pencarian = A2 range data = B1:D5 nomor kolom yang diambil = 2 tanda = False

ini artinya, di dalam tabel yang berada di rentang B1:D5, akan dicari data yang sama dengan A2 dan mengambil data dari kolom nomor 2.

Note: Beberapa pengecualian yang harus di ingat adalah:

  • Nomor kolom yang diambil harus ditentukan dalam bentuk angka, bukan sebuah sel atau teks.
  • Range data harus berisi kriteria pencarian di kolom pertama.
  • Jika tidak ditemukan data yang sesuai dengan kriteria pencarian, VLOOKUP akan mengembalikan #N/A.

Itu adalah dasar dari rumus Excel VLOOKUP, Seiring pemahaman anda akan Excel yang lebih baik, Anda dapat mencoba menggunakan fungsi VLOOKUP ini dalam kombinasi dengan rumus lainnya untuk membuat seleksi data yang lebih kompleks.

Komentar